Blog ini sebagai wadah pembelajaran Informatika

guruinformatika10.blogspot.com

Minggu, 11 Agustus 2024

Materi Informatika Kelas 8 Tahun Pelajaran 2024/2025

 

I. BAB 1 Informatika dan Pembelajarannya

A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

B. Cara Belajar Informatika

·         Materi tentang Konsep Informatika

·         Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

·         Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

·         Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

·         Pentingnya Minat dan Motivasi

C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

E. Apa Harapan Guru?

F. Pemaknaan dan Kualitas Hasil belajar

G. Refleksi dan Rencana Kegiatan



II. BAB 2 Berpikir Komputasional

A. Fungsi

B. Himpunan dan Sistem Bilangan

1. Himpunan

2. Sistem Bilangan

a. Ilustrasi Sistem Bilangan

·         Timbangan Digital

·         Tas dan Logam Mulia Batang

·         Analisis Soal Tas dan Logam mulia Batang dan Kaitannya dengan Timbangan Digital

b. Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal

·         Konversi ke Bilangan Biner

·         Konversi ke Bilangan Oktal

c. Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal

·         Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal

·         Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal

C. Algoritma

D. Struktur Data

III. BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

1. Objek Aplikasi

2. Fitur Aplikasi

·         Antarmuka Aplikasi

·         Fitur Cut, Copy, dan Paste

·         Screen Shot dan Snipping Tools

3. Studi Kasus: Analisis Objek dan Fitur Aplikasi Pengolah Kata Analisis /Bedah Aplikasi Pengolah Kata

B. Pembuatan Laporan

C. Merangkum Narasi dari Konten Digital

D. Laboratorium Maya Sejarah

·         Laboratorium Maya Phet

·         NOVA Labs

·         The Concord Consortium

IV. BAB 4 Sistem Komputer

A. Komponen Sistem Komputer

1. Perangkat Keras (Hardware)

2. Perangkat Lunak (Software)

·         Sistem Operasi

·         Perangkat Lunak Aplikasi

·         Perangkat Lunak Pemrograman

B. Pengalamatan Memori

1. Sistem Heksadesimal

2. Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal

C. Central Processing Unit

V. BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Jaringan Komputer

·         Jaringan Lokal

·         Jaringan Internet

·         Konfigurasi Jaringan Komputer

4. Routing pada Jaringan Komputer

B. Komunikasi Data pada Ponsel

C. Terhubung ke Internet dengan Aman

·         Web Phishing

·         Setting Keamanan pada Browser

VI. BAB 6 Analisis Data

A. Pencarian Data

·         Pencarian Data dengan Fungsi Lookup

·         Pencarian Data dengan Fungsi Reference

B. Visualisasi Data

C. Peringkasan Data

·         SUMIFS dan COUNTIFS

·         Pivot Table Satu Dimensi

·         Pivot Table Dua Dimensi

D. Pengelolaan Data

E. Studi Kasus

·         Tantangan - Pencarian Data

·         Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data

·         Tantangan - Pengelolaan Data

VII. BAB 7 Algoritma Pemrograman

A. Eksplorasi Lanjutan Scratch

·         Kode Control, Input, dan Variable

·         Kode Custom Block

B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

C. Eksplorasi Blockly Games Music

D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly

E. Pengenalan Pemrograman Prosedural

·         Variabel

·         Percabangan

·         Pengulangan

F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot

VIII. BAB 8 Dampak Sosial Informatika

A. Media Sosial

1. Klasifikasi Media Sosial

2. Dampak Media Sosial

B. Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial

1. Mengembangkan Pemikiran Kritis

2. Memeriksa Sumber Informasi

3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain

4. Cek Validitas Gambar

5. Gunakan Akal Sehat

C. Cyberbullying

1. Perlakuan Cyberbullying

2. Tanya-Jawab Seputar Perundungan Dunia Maya

·         Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks bercanda?

·         Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?

·         Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?

·         Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?

·         Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?

IX. BAB 9 Praktik Lintas Bidang

A. Media Interaktif Lempeng Bumi

1. Media Interaktif Lempeng Bumi

2. Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia

B. Mesin Hitung Uang Koin

C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin


Untuk mengunduk buku siswa Informatika 8 klik link berikut :

Buku Siswa Informatika 8

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blogger templates