I. BAB 1 Informatika dan Pembelajarannya
A. Informatika dan Profil Pelajar
Pancasila
B. Cara Belajar Informatika
·
Materi tentang Konsep Informatika
·
Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
·
Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
·
Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
·
Pentingnya Minat dan Motivasi
C. Kilas
Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas
VII
D. Apa yang
akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?
E. Apa
Harapan Guru?
F. Pemaknaan
dan Kualitas Hasil belajar
G. Refleksi
dan Rencana Kegiatan
II. BAB 2 Berpikir Komputasional
A. Fungsi
B. Himpunan
dan Sistem Bilangan
1. Himpunan
2. Sistem Bilangan
a. Ilustrasi Sistem Bilangan
·
Timbangan Digital
·
Tas dan Logam Mulia Batang
·
Analisis Soal Tas dan Logam mulia Batang dan Kaitannya dengan Timbangan Digital
b. Konversi Bilangan Desimal
menjadi Bilangan Biner dan Oktal
·
Konversi ke Bilangan Biner
·
Konversi ke Bilangan Oktal
c. Konversi Bilangan Biner dan
Oktal menjadi Bilangan Desimal
·
Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal
·
Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
C. Algoritma
D. Struktur Data
III. BAB 3 Teknologi Informasi
dan Komunikasi
A. Perangkat
Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
1. Objek
Aplikasi
2. Fitur
Aplikasi
·
Antarmuka Aplikasi
·
Fitur Cut, Copy, dan Paste
·
Screen Shot dan Snipping Tools
3. Studi
Kasus: Analisis Objek dan Fitur Aplikasi Pengolah Kata Analisis /Bedah Aplikasi
Pengolah Kata
B. Pembuatan
Laporan
C. Merangkum
Narasi dari Konten Digital
D. Laboratorium Maya Sejarah
·
Laboratorium Maya Phet
·
NOVA Labs
·
The Concord Consortium
IV. BAB 4 Sistem Komputer
A. Komponen
Sistem Komputer
1. Perangkat
Keras (Hardware)
2. Perangkat
Lunak (Software)
·
Sistem Operasi
·
Perangkat Lunak Aplikasi
·
Perangkat Lunak Pemrograman
B.
Pengalamatan Memori
1. Sistem Heksadesimal
2. Pengalamatan Memori dengan
Heksadesimal
C. Central Processing Unit
V. BAB 5 Jaringan Komputer dan
Internet
A. Jaringan
Komputer
·
Jaringan Lokal
·
Jaringan Internet
·
Konfigurasi Jaringan Komputer
4. Routing
pada Jaringan Komputer
B.
Komunikasi Data pada Ponsel
C. Terhubung ke Internet dengan
Aman
·
Web Phishing
·
Setting Keamanan pada Browser
VI. BAB 6 Analisis Data
A. Pencarian Data
·
Pencarian Data dengan Fungsi Lookup
·
Pencarian Data dengan Fungsi Reference
B. Visualisasi Data
C. Peringkasan Data
·
SUMIFS dan COUNTIFS
·
Pivot Table Satu Dimensi
·
Pivot Table Dua Dimensi
D. Pengelolaan Data
E. Studi Kasus
·
Tantangan - Pencarian Data
·
Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data
·
Tantangan - Pengelolaan Data
VII. BAB 7 Algoritma Pemrograman
A. Eksplorasi Lanjutan Scratch
·
Kode Control, Input, dan Variable
·
Kode Custom Block
B. Pengantar Blockly Games dan
Eksplorasi Puzzle Maze
C. Eksplorasi Blockly Games Music
D. Eksplorasi Sprites dengan
Blockly
E. Pengenalan Pemrograman
Prosedural
·
Variabel
·
Percabangan
·
Pengulangan
F. Modul Tambahan - Bermain
dengan Robot Ozobot
VIII.
BAB 8 Dampak Sosial Informatika
A. Media
Sosial
1.
Klasifikasi Media Sosial
2. Dampak
Media Sosial
B. Mengkaji
Kritis Informasi Media Sosial
1.
Mengembangkan Pemikiran Kritis
2. Memeriksa
Sumber Informasi
3. Melakukan Check and Recheck
dari Liputan Lain
4. Cek Validitas Gambar
5. Gunakan Akal Sehat
C. Cyberbullying
1. Perlakuan Cyberbullying
2. Tanya-Jawab Seputar
Perundungan Dunia Maya
·
Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks
bercanda?
·
Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?
·
Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?
·
Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?
·
Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk
memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?
IX. BAB 9 Praktik Lintas Bidang
A. Media Interaktif Lempeng Bumi
1. Media
Interaktif Lempeng Bumi
2. Media
Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia
B. Mesin
Hitung Uang Koin
C.
Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin
Untuk mengunduk buku siswa Informatika 8 klik link berikut :






0 komentar:
Posting Komentar